Press "Enter" to skip to content

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui)

Mei

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui) – Makan merupakan suatu aktivitas yang wajib bagi setiap manusia. Manusia membutuhkan makanan untuk menambah energy dalam dirinya. Siapa yah engga suka makan? Yah pasti suka lah, kalo engga makan ntar mati dong hihihihi.

Tetapi setelah kalian memakan sesuatu pasti kalian akan melakukan beberapa aktivitas lainnya lagi kan. Ada beberapa aktivitas yang tidak boleh kalian lakukan loh setelah makan. Apa aja sih? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Artikel tentang Tips Hidup Sehat selain 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui) dapat kalian akses di link berikut ini:

Tips Hidup Sehat

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui)

Berikut ini adalah 9 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan yang wajib untuk kalian ketahui:

Hal #1 Tidur

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - tidur

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang pertama adalah Tidur. Setelah perut kenyang rasa kantuk mungkin akan terjadi pada diri kalian. Hal tersebut harus kita cegah agar tidak sampai membuat kita tertidur, sebab tidur setelah makan mempunyai dampak negative untuk tubuh anda loh. Apa aja sih dampak negative yang akan anda rasakan jika keseringan tidur setelah makan, berikut penjelasannya:

1 – Obesitas

Sering tidur setelah makan membuat berat badan menjadi naik secara signifikat. Hal ini diduga karena kurangnya metabolisme tubuh dan kurangnya aktivitas untuk membakar kalori dari makanan yang kita konsumsi membuat kita akan mengalami obesitas.

2 – Asam Lambung Naik

Asam lambung naik akibat tidur mungkin sedikit tidak asing ditelinga kalian. Sering tidur setelah makan akan menyebabkan lambung kalian naik loh akibatnya tekanan lambung dalam tubuh meningkat sehingga makanan dan cairan yang kita konsumsi naik ke tenggorokan, jika kebiasaan ini terus kalian lakukan makan akan menimbulkan penyakit asam lambung.

3 – Insomnia

Sering tidur setelah makan pada sore hari atau siang hari membuat mata kalian tetap terjaga pada malam harinya. Kebiasaan inilah yang akan membuat anda terus terbiasa terjaga dan menyebabkan insomnia.
Penyebab rasa kantuk yang kalian alami bisa terjadi karena beberapa faktor tertentu seperti Makanan yang Kalian Konsumsi.

Baca  6 Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi yang Patut Dicoba

Makanan yang mempunyai kadar gula tinggi, karbohidrat, makanan mengandung banyak lembak serta banyak mengandung asam amino triptofan akan membuat tubuh merasa kantuk, karena di dalam nustrisi tersebut membuat hormone serotonin dan melantonin di produksi oleh tubuh, sehingga hormone-hormon tersebutlah yang membuat kalian sering merasa kantuk. Penyakit Tertentu, seperti : Diabetes, Sleep Apnea, Anemia, Hipotoroidisme.

Hal #2 Mandi

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - mandi

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang kedua adalah mandi. Perubahan suhu dalam tubuh mampu menganggu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Hal tersebutlah yang menyababkan mandi di larang dilakukan setelah makan, karena saat mandi, temperatur tubuh kalian sedang mengalami perubahan dan tubuh berusaha bekerja keras mencerna makanan yang baru saja kalian makan. Jika kalian ingin mandi, setidaknya beri jarak kurang lebih 30 menit setelah kalian makan.

Hal #3 Olahraga

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - olahraga

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang ketiga adalah berolahraga. Olahraga setelah makan ternyata tidak baik loh buat tubuh kalian. Biasanya seseorang yang tidak ingin gemuk membiasakan diri untuk melakukan olahraga setelah makan.

Hayoo pasti iya kan? Takut gemuk ah, olahraga aja deh. Hal itu salah justru olahraga setelah makan membuat pencernaan dalam tubuh terganggu dan tak jarang jika kalian sudah makan sebelum olahraga, perut kalian akan merasakan sakit dan mual. Setidaknya beri jarak 1 jam setelah makan sebelum kalian memulai olahraga.

Hal #4 Minum Teh

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - minum teh

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang keempat adalah Teh. Teh mengandung polifenol dan tannin yang menyebabkan peningkatan zat besi dalam tubuh sehingga tubuh sulit untuk menyerap makanan yang kita makan tersebut. Sering kali seseorang menyukai makan dibarengi minum es teh.

Hayoo iya kan? Pasti kalo makan di luar, kebanyakan minumnya es teh manis. Selain segar tetapi juga hemat di kantong bukan hihihihi. Padahal semua itu salah dan tidak baik untuk tubuh kalian. Setelah mengetahui hal ini, mulai sekarang hindari minum teh dan memesan teh setelah makan yah gengss. Biar tubuh kalian tetap sehat dan terhindari dari segalah jenis penyakit.

Hal #5 Merokok

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - merokok

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang kelima adalah merokok. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh para pria. Banyak yang bilang, kurang enak jika setelah makan tidak merokok. Hal ini justru tidak baik buat kesehatan kalian loh para pria yang merokok.

Baca  Tidak Disadari? Inilah 7 Manfaat Susu Beruang Yang Harus Diketahui

Semua larangan ini mempuyai sebab, yaitu nikotin yang terkadung dalam rokok membutuhkan dua kali lipat buat tubuh menyerapnya dan memberikan efek yang berbahaya dalam tubuh terutama paru-paru. Bahan yang terkandung dalam rokok juga menyebabkan vitamin serta mineral teganggu.

Jika kalian yang ingin merokok setelah makan, usahakan beri jarak waktu merokok antara 30 menit setelah kalian makan. Kalo bisa, berhentilah merokok dan utamakan kesehatan tubuh kalian.

Hal #6 Memakan Buah

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - memakan buah

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang keenam adalah memakan buah-buahan. Memakan buah setelah makan-makanan yang berat memang sering kita lakukan, karena buah dianggap cocok untuk hidangan pencuci mulut dan memiliki nutrisi yang baik buat tubuh. Tetapi hal ini justru salah jika dilakukan secara terus menerus.

Memakan buah setelah makan – makanan yang berat seperti makan nasi, dapat menyebabkan masalah pencernaan dalam tubuh loh. Hal ini disebabkan karena makanan lain yang sudah kita makan ini ditimpa dengan buah-buahan pada perut kita, makanan ini justru akan berfermentasi dan memiliki sifat asam.

Buah yang bertemu dengan makanan berat dan kemudian cairan pencernaan akan membuat kombinasi yang akan merontokkan massa makanan. Hal ini akan membuat kita cenderung lebih mudah mengalami masalah perut kembung dan kerap bersendawa yang tentu akan membuat badan terasa tidak nyaman.

Hal # 7 Minum Air Dingin

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - minum air dingin

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang ketujuh adalah minum air dingin. Habis makan pedas dengan cuaca yang begitu panas rasanya susah banget buat diri sendiri jauh dengan yang namanya minuman dingin.

Jika habis makan minum minuman yang dingin bikin perut kenyang dahaga pun hilang kan hihihihi. Lantas jika perut terasa kenyang maka rasa kantuk pun akan merajalela menguasai tubuh kita untuk melakukan aktivitas lain yaitu tidur. Meminum air dingin setelah makan mempunyai dampak negative loh ternyata? Apa kakak dampak negativnya?

Minuman dingin yang kita minum menyebabkan suhu dingin pada tubuh yang menyebabkan makanan sulit untuk di cerna, sehingga membuat lemak-lemak yang ada dalam tubuh menjadi menumpuk. Penumpukan lemak dalam tubuh mengakibatkan saluran pencernaan dalam tubuh menyempit sehingga membuat tubuh anda menjadi gemuk. Jika kalian ingin kurus jangan minum air dingin yah guys biar tubuh kalian tetap terjaga.

Hal #8 Mengendurkan Ikat Pinggang

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - mengendurkan ikat pinggang

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang kedelapan adalah mengendurkan ikat pinggang. Habis makan dengan kenyang perut pun serasa makin berisi hihihihi, jadi engga pede juga kan. Sering kali orang merasakan perut udah makin buncit akibat kebanyakan atau habis makan akan mulai mengendurkan ikat pinggangnya sebab merasa sesak.

Baca  9 Akibat Tidak Mandi Sore Yang Harus Kalian Perhatikan

Mengendurkan ikat pinggang aslinya tidak boleh kalian lakukan loh. Kenapa kok engga boleh kakak? Mengendurkan ikat pinggang setelah makan mampu menganggu system pecernaan dalam bekerja loh, karena usus akan terbelit.

Hal #9 Berjalan

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan - berjalan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan yang kesembilan adalah berjalan. Banyak sekali yang bilang gini “ habis makan tuh duduk dulu” perna tidak kalian dibilangin seperti itu dengan orang- orang disekitar kalian. Banyak yang mempunyai pemikiran bahwa jalan-jalan habis makan dapat membantu sistem pencernaan.

Nyatanya semua itu salah, berjalan-jalan setelah makan dapat mengahambat nutrisi dalam makan menjadi sulit untuk di cerna oleh tubuh serta akan membuat kalian semakin kehilangan energi. Usahakan tunggu sekitar 10-15 menit baru kalian boleh untuk berjalan-jalan.

Dari penjelasan diatas banyak sekali bukan larangan yang harus kalian taati dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan kalian tetap terjaga dan terhindar dari segala macam penyakit. Kesehatan kalian semua itu lebih berharga dari apapun. Meski banyak sekali harta kalian tapi kesehatan kalian terganggu rasanya kurang nikmat dalam menjalani hidup. Tetap menjadi manusia yang sadar akan kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Semoga virus atau segala penyakit yang dialami oleh seluruh rakyat di negeri tercinta kita ini yaitu Indonesia segera sembuh dan membuat hidup masyarakat menjadi tenang lantas mampu melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nahh, Itulah artikel tentang 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui), Sekian dari kami kurang dan lebihnya kami memohon maaf. Jika terdapat kritik atau saran buat situs ini langsung saja ketik di kolom komentar yah guys. Sebab semakin banyak kritik dan saran maka semakin kami mempunyai wawasan luas dan terus berusaha lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk share artikel 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui) ini ke teman-teman kalian yah agar ilmu ini bisa terbagi pula.

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan (Wajib Diketahui)

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *